Entradas populares

Nico Robin - One Piece

Lembaga Keuangan Bank


Menurut UU RI Nomor 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998 tentang Perbankan, Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak yang berasaskan demokrasi ekonomi dengan prinsip kehati-hatian yang didasarkan pada Pancasila dan UUD 1945.
Fungsi Bank di Indonesia adalah :
1.   Sebagai tempat menghimpun dana dari masyarakat
2.   Sebagai penyalur dana atau kredit bagi masyarakat yang berusaha produktif
Sejarah Bank.
Usaha perbankan dimulai dari zaman Babylonia, dilanjutkan ke zama Yunani Kuno dan Romawi. Pda saat itu kegiatan utamanya hanya sebagai tempat tukar menukar uang. Selanjutnya berkembang, menjadi tempat penitipan dan peminjaman uang. Di Indonesia sendiri, kegiatan perbankan sudah dimulai sejak  zaman Penjajahan Hindia Belanda.  Hal ini terbukti dengan adanya bank Belanda yang dinasionalisir oleh pemerintah Indonesia, seperti Bank Rakyat Indonesia yang didirikan tanggal 22 Februari 1946. Bank ini berasal dari De Algemenevolks Crediet Bank  yang merupakan salah satu bank yang berperan penting di Hindia Belanda.
De Algemenevolk Crediet Bank




Bank Sentral

Menurut UU No.3 Tahun 2004, Bank Sentral adalah lembaga negara negara yang berwenang untuk mengeluarkan alat pembayaran yang sah dari suatu negara, merumuskan kebijakan moneter,mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, mengatur dan mengawasi perbankan serta menjalankan fungsi sebagai lender of the last resort.
Bank Sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia yang bertujuan untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Untuk mencapai tujuan, Bank Indonesia melaksanakan kebijakan moneter pada hal :
·         Operasi pasar terbuka di pasar uang
·         Penetapan tingkat Diskonto
·         Penetapan cadangan wajib minimum
·         Pengaturan kredit dan pembiayaan.

¡Compártelo!

0 komentar:

Posting Komentar

 

About

IPSuccess IPSiippp !! Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger